Tuesday, January 19, 2016

My Styles

Alhamdulillah, setelah menyempatkan waktu untuk menulis akhirnya judul ini jadi juga, hehe. Disini, gue ingin membahas tentang pola dan gaya hidup gue semasa SMP dan SMA. Mulai dari aib, tingkah laku, dan kebiasaan masa lalu gue udah terangkum rapi dalam cerita di bawah ini.

SMP
Image Source: www.google.com

SMP? Sekolah Menengah Pertama? gue nggak setuju sama singkatan itu. Menurut gue, singkatan yang tepat untuk SMP adalah Sekolah Minim Pergaulan. Ya. Karna saat SMP gue masih polos-polosnya dan gaptek juga. Kalau ngebahas tentang pola dan gaya hidup semasa SMP, gue suka geli-geli sendiri lihat diri gue saat itu, merasa sedikit kotor juga. Karena kenapa? pada saat masa SMP, pribadi gue yang bisa dibilang nggak jelas dan memalukan mulai muncul dan terekspose begitu aja.

1. Berpakaian

Gue termasuk tipe orang yang rapi dalam berpakaian, khususnya pas hari sekolah. Pas SMP gue sering banget sisir rambut dan merhatiin aksesoris sekolah mulai dari gesper, dasi, dan lain-lain. Kenapa sepenting itu? Karena menurut gue, kalau cowok nggak rapih itu bawaannya pengen ditimpuk aja pakai bata. Kalau dibilang-bilang sih, tampilan gue dulu udah kaya karyawan panti pijet, rapi bener.

Selanjutnya adalah topi. Topi adalah aksesoris wajib yang harus gue pakai pas SMP. Karna menurut gue, topi itu merupakan salah satu aksesoris sekolah yang menaikan tingkat kepedean gue saat lagi ketemu orang banyak. Asal jam istirahat pasti gue pakai topi, asal gue main bola pasti pakai topi, asal gue upacara pasti pakai topi (jangan ditanya kamprettt). Intinya, topi itu segalanya buat gue.

Mungkin karna saking santainya gue sama gaya berpakaian gue selama SMP, gue saat itu merasa nyaman aja dengan apa yang gue pakai, padahal kalau diinget-inget lagi untuk sekarang ini, penampilan gue dulu udah kaya orang yang tinggal di goa. Berikut ini beberapa contohnya, pertama, tentang memasukkan baju ke celana panjang saat sekolah. Mungkin rata-rata orang yang memasukan bajunya ke celana panjang normalnya hanya sebatas daerah pinggul dan sekitarnya, tapi kalau gue? Di atas puser pas.

Contoh kedua adalah tali tas, tali tas yang biasanya dipakai teman-teman gue saat itu agak kebawahan punggung dan terlihat cocok dengan postur tubuh masing-masing, tapi kalau gue? Sejajar dengan punggung, dan pegangan tas yang berada di atas kadang nyetuh bagian leher belakang gue.

Tolong jangan dibayangin, cukup sudah masa kelam gue waktu SMP.

2. Asmara

Kalo ngomongin soal asmara pas SMP, malu-malu kucing masih ngetrend pada zaman itu. Hmm, pas kelas 7-8 SMP kisah asmara gue nggak begitu menonjol. Mungkin karena gue masih polos-polosnya pada saat itu (baca: ternodai). Gue juga orangnya agak cuek kalau lagi ditempat umum. Nggak tau kenapa bisa begitu.

Tapi pas udah kelas 9, gue udah mulai merasakan yang namanya jatuh cinta. Rasanya itu udah kaya dikelilingin sama bidadari-bidadari cantik dan terbang ke Kepulauan Galapagos sambil lihat burung Finch berterbangan di atas awan #obsesibiologi. Tapi sayangnya, mood gue pada saat itu masih dikatakan labil dan nggak seimbang. Kalian semua pasti tau jaman-jaman SMP itu kaya gimana kan? Galau dimana-mana, nggak jelas, pura-pura diem padahal suka, dan masih banyak lagi. Gue juga belum berani buat menyatakan cinta ke cewek dengan satu alasan yang menjadikan gue jadi laki-laki kemayu. Apa itu? karna takut ditolak, simpel.

Ada suatu hari dimana kisah asmara gue berada di puncaknya, saat itu malam hari, dan saat itu pula gue nyatain perasaan gue ke perempuan (ya masa laki) yang menurut gue cocok pada saat itu, Dalam hal ini gue nyatain kalau gue suka sama dia, belom pada tahap nembak, kenapa? karna alasan tadi, takut ditolak.

?Sebeneranya gue suka sama lo?
?Hah? Tapi kan kita??
?Iya tau hehe?
?Ini kaya lagunya zigas tau nggak, sahabatan jadi cinta.?
?Iya ya, daripada saudara jadi cinta? Nanti keturunannya jadi abnormal, hehe?? #obsesibiologi

Hening sejenak.

3. Sifat

Sifat? mungkin sifat gue yang paling dominan saat SMP itu adalah pendiam. Menurut gue, dalam suatu diskusi kelompok kita nggak harus banyak bicara kalau itu dirasa nggak penting. Sama halnya pas gue ketemu teman-teman di sekolah. Gue malah lebih tertarik memahami satu-satu pribadi teman-teman gue dibandingkan nanya apa yang dia suka dan apa yang dia nggak suka. Nanti takutnya dibilang kepo kaya jaman sekarang. Contoh:

1. "lo kepo banget sih jadi orang?"
2. "mau tau banget atau mau tau aja?"
3. "sok jadi detektif lo ya nanya-nanya mulu, gue cipok juga nih."

Orang mana ya kan yang nggak darah tinggi pas dia lagi tanya-tanya serius malah direspon kaya di atas, rasanya mau sumpel aja mulutnya pakai kaki meja, tapi gue takut dilaporin ke polisi. Ya karena itulah, pas masa SMP gue lebih suka jadi silent reader daripada ngerocos nggak karuan. Asik aja kalau kita udah biasa baca sifat-sifat orang berdasarkan gerak-geriknya, cara ngobrolnya, dan kedipan matanya. Kalau misal dia nggak bisa diem, itu tandanya dia aktif, kalau dia diam dalam segala hal, itu tandanya sedang berpikir, terus juga kalau lagi gerutu di tempat duduknya, itu tandanya sedang mau pup. Simpel sih.

SMA

Image Source:www.google.com

SMA? SMA? SMA? Cukup!

Ahai, akhirnya gue masuk SMA juga. Pada saat itu gue mengira masa SMA itu adalah masa yang dimana cewek dan cowok saling cinta-cintaan, jemput anter bareng, makan bareng di kantin, curhat bareng, mabok PR bareng, galau bareng, bahkan ada yang sampai modusin guru bareng, hadeh. Itu semua mungkin berbanding terbalik sama gue. Dikenyataan yang sebenarnya, jaman SMA itu udah kaya kerja rodi stadium tiga, dimana pada saat itu gue malah dituntut untuk menjadi orang yang mandiri, lebih membangun relasi satu sama lain, dan belajar lebih dewasa tentunya. Kalau boleh jujur, gue lebih suka masa-masa saat gue TK daripada disaat SMA, dimana gue masih disayang sama guru dan nyokap karna kelucuan gue menghipnotis mereka, tapi kalau sekarang? malah gue yang kena dihipnotis, huh.

1. Berpakaian

Ngomongin soal berpakaian (lagi), gaya berpakaian gue pas SMA nggak beda-beda jauh pada saat di SMP dulu. Kalau pas SMP dulu gue pakai kaos kaki sebetis, ini gue pakai kaos kaki se lutut tumit. Lain lagi sama kancing baju, kalau pas SMP kancing atas baju gue dikencingin dikancingin, ini malah nggak dikancingin. Intinya, segala perubahan kecil ini lebih mendorong gue ke tingkat kepedean yang lebih tinggi dibanding jaman SMP dulu, kayanya sih gitu. Hmm, secara nggak langsung gue juga meyakini, dari perubahan kecil itu gue bisa menemukan jati diri gue yang sebenarnya, yaitu jati diri seorang lelaki yang apa adanya, sip.

Gaya berpakaian gue selama SMA juga bisa dibilang berani dan mencolok, yang dulu biasanya gue rapi kaya orang mau diwisuda, malah sekarang udah kaya anak alay dikasih obat cacing. Mulai dari baju dikeluarin, sobek di sana-sini, saos yang nempel dibagian belakang celana, dan masih banyak lagi. Tapi karena mungkin gue orangnya cuek atau apa, gue nggak menghiraukan penampilan gue saat itu, yang gue tangkep cuma selama itu membuat lo nyaman, yaudah. Simpel.

Dari berbagai contoh di atas, yang paling menarik untuk gue ceritain mungkin yang bagian saos nempel di belakang celana. Singkat cerita, pada saat itu di kantin sekolah, gue secara nggak sengaja ngedudukin bangku yang ada cipratan saos di atasnya, gue gumam dalam hati.

?Keteeeeek, kenapa harus celana putih, kenapa harus kena saos?!!"

Untungnya, kejadian itu terjadi saat gue mau pulang sekolah dan nggak ada yang lihat. Sewaktu gue cuci tuh celana saat pulangnya, gue sadar nih noda kampret pasti nggak bisa dihilangin lagi, hilang sih sebenarnya, tapi ada samar-samar merah yang buat gue berpikir, ini sih kalau dipakai kaya orang abis cepirit sambel terasi.

Awal masalahnya, saat minggu depan gue pakai tuh celana putih dengan noda tadi, gue banyak ditegur dan diledekin sama teman-teman gue saat apel selesai.

?Nop, lo dapet ya??
?Hah? Nggak lah..?
?Itu lihat pantat lo, merah-merah begitu,? sambil nunjuk.
?Hadeh, ini gue kena saos? gue ngeles.
?Alah, bilang aja lo ga pakai yang sayap kan??
"Kampret!?

2. Asmara

Cie kan, giliran asmara langsung pada seneng nih kayanya, bukan seneng bacanya ya, seneng ngeledekin sih kayanya, miris.

Oke, ngomongin asmara? Asmara gue saat SMA dimulai saat gue menduduki bangku kelas 10. Ada seorang perempuan yang menurut gue dia itu baik dan taat agama di kelas dulu, namanya *tet* sensor, tapi? karna ada suatu kesalahan dalam hal pendekatan dan pengungkapan perasaan, asmara gue ke dia berlalu begitu aja, Next? Setelah setahun kemudian tepatnya kelas 11 gue move on, ada lagi sosok perempuan yang menurut gue nyaman untuk dibuat ngobrol, lucu dan lain sebagainya. Tapi? karna ada suatu keadaan dimana seseorang teman terlebih dahulu suka dan ngedeketin dia secara dalam, gue lebih baik mundur.

Terus kelas 12 gimana? Masih kaya gitu-gitu aja? sebentar, itu paradigma yang salah.

Di kelas 12, gue udah mulai belajar dari pengalaman-pengalaman yang ada walaupun pengalaman-pengalaman gue banyak berasal dari sinetron FTV dan layar lebar, tapi gue coba memadukan semuanya walaupun akhirnya nggak nyambung. Saat itu, gue sadar bahwa cinta yang distatuskan oleh namanya pacaran juga nggak akan bertahan lama apabila kedua kekasih tidak saling memahami.

Dari situ pun gue semakin mengerti, mungkin paradigma gue tentang yang namanya cinta itu nggak selamanya harus selalu dilakukan oleh pacaran. Melainkan harus mengisi, melengkapi, dan saling percaya satu sama lain dengan perasaan orang yang kita sayangi. Ada juga kata-kata teman gue yang buat gue semakin amat sangat mengerti akan yang namanya cinta, ?cinta tulus itu tidak harus saling memiliki, melainkan cinta tulus itu adalah cinta yang apa adanya, nggak melihat status, nggak melihat keadaan, nggak melihat wujud, tapi dilihat dari kepercayaan dari masing-masing pasangan dalam berhubungan."

Di kelas 12 ini juga gue bertemu dengan kondisi asmara yang nggak bisa gue paksain. Layaknya sepasang sepatu yang ngga bisa bersatu, dan ditampar oleh kenyataan.

Jujur, saat gue ngetik cerita ini gue terjebak dalam lingkup kegalauan yang amat sangat. Selera humor gue pun tiba-tiba hilang begitu aja. Hmm, mungkin gue dapat menyimpulkan semua yang ada di atas dengan suatu hukum yang berbunyi:

?Apabila seseorang berbicara tentang cinta, semua yang berada disekelilingnya akan meleleh dalam pembicaraan tersebut, bahkan selera humor pun akan tumbang dibuatnya? ?Hukum Nova Tentang Cinta #1

Nggak ngerti? Sama gue juga.

3. Sifat

Sampai juga dibagian sifat, skip dulu untuk galaunya. Pas SMA, sifat gue yang paling dominan itu adalah enjoy dengan banyak orang, gue suka bergaul baik sama cowok maupun cewek, tapi banci nggak ya, kadang-kadang aja. Saat disitu juga, gue baru sadar, kalau kita sering-sering membangun relasi secara luas dengan sesama, sesama manusia ya, bukan sesama jenis, itu akan bermanfaat baik untuk kita kedepannya. Mulai dari club CBB (Cakung Basketball Ball), Keong Community (Tempat Makan), Dark Fantasia (Clan Ninja Saga), dan lain sebagainya, alhamdulillah gue jalanin dan berjalan dengan lancar.

Terus kekurangannya?

Kekurangannya, gue biasanya lebih suka menghabiskan waktu di dalam rumah daripada di luar. Kalau nggak main internet, pasti tidur. Dua kegiatan itu udah kaya menu wajib di jadwal gue. Dan karna gue kebanyakan ngabisin waktu buat hal yang nggak penting dan nggak berbobot, gue banyak ketinggalan aktifitas dan ngumpul bareng sama teman-teman maupun keluarga. Yang tadinya gue latihan basket sabtu-minggu selalu on time, gue malah ketiduran. Yang tadinya gue sering ngumpul-ngumpul sama sahabat dekat, gue malah sibuk browsing. Yang tadinya gue getol ikut jalan-jalan sama keluarga, gue malah ditinggalin.

Miris.

Tapi, dari sekian banyak waktu yang terbuang secara sia-sia tadi, akhirnya gue sadar betapa pentingnya mengatur waktu untuk orang-orang yang ada di sekitar kita. Seperti kata bijak yang terdapat di dalam drama Malam Minggu Miko Eps. Malam Terakhir yang gue jadikan quote di bawah ini:

?Karna kita nggak perlu tau orang lain butuh kita atau nggak, tapi yang penting, kita harus ada untuk mereka.?

Ya, kita harus ada untuk mereka, dimana kita harus saling membangun hubungan, mengisi waktu luang satu sama lain, dan sebagainya. Mungkin juga ini terlihat sepele diawalnya, tapi sebenarnya, kita nggak pernah tau hal-hal baru apa aja yang akan muncul nanti setelah kita ngumpul bersama. #senyummanis


reff : http://novatri9.blogspot.com/2014/01/my-styles.html

0 comments:

Post a Comment

Categories

7 keajaiban dunia 7 wonders a pair of lover ABG abjad Adam Adat Tengger AdSense now speaks Indonesian Adu banteng adzan magrib Agama Tengger Ajisaka akuturasi hindu jawa Al Khazin alcohol Alkhazen all in one amatir Ambeien Ambon Amerika anak anak kelas 1 Angka 7 Angka 7 pakai sabuk Angka Tujuh angkot animal antimo Apa Itu Hoax apartemen Apoteker Apple aquarium Arab Arti Eureka Arti Sejarah artis Asah Otak Asal Bung Karno Asal Mula Hoax Asal Mula Kelenteng Asal Mula Teka-teki Silang Asal Mula TTS Asal usul Coklat Asal Usul Eureka Asal Usul Hoax Asal Usul Marga Batak Asal-usul Asal-usul Blackberry Asal-usul Duit Asal-usul Google Asal-usul Komputer Asal-usul Kota Bandung asal-usul lagadoni asal-usul mahameru Asal-usul Nama Indonesia Asal-usul Paman Sam asal-usul pizza Asal-usul Qwerty asal-usul semeru Asal-usul Vaksin Polio asal-usul wikileaks ASI at work ATM Australia Auto 2000 ayam betutu ayu ting ting Baby bad boys bahasa Arab bahasa Cirebon bahasa inggris bahasa Jawa bahasa Jepang bahasa sunda Bali Bali Aga Bali Asli Bali bird park Bali Mula Bali Safari Bali Turunan Baliaga bandung Bandungbondowoso Bangkok bangunan Barcelona Barrack Obama Bartender batak batu bata Batubara Sawah Lunto Bbm be thankful for the little thing Bear bebek Bejo belajar masak belajar. belalang kupu-kupu Bella Saphira bencong Benjol Bepe berenang bersyukur Best Bar Bidadari Bidpai biksu Bill Gates Bintang Toedjoe Biografi Bioskop bis kota BJ Habibie Blackberry Blind spot Blog Sejarah BMW BMW 320i Bohong di Internet bola golf Boobs vs. Willies borobudur Boston boxing Brain study Brebes brimob buah buaya bubur ayam Budaya Tengger budeg buku buku tabungan BUMN bunga mawar Bunker Batavia Bunker Jakarta Bunker Kota Tua Bupati Malang burung beo cafe camping Can I help you mam ? can't pay Candi Blitar candi bukit barisan candi muara tikus cape deh.. capucino Carl Lewis CCTV Celana dalam celana pendek celebration of life celine dion cemetery cendol Ceragem Cerita dari Cina Cerita Inspirasional Cerita Rakyat Cerita Rakyat Filipina Cerita Rakyat India Cerita Rakyat Iran Cerita Rakyat Jawa Barat Cerita Rakyat Jawa Timur Cerita Rakyat Kashmir Cerita Rakyat Malaysia Cerita Rakyat Merapi Cerita Rakyat Myanmar Cerita Rakyat Nusantara Cerita Rakyat Suku Indian Cherokee Cerita Rakyat Suku Maya Cerita Rakyat Turki Cerita Silat SH Mintardja Cerpen charm body fit cherry belle China China phone Chinese Chivas chocolate Church CIA Cicadas circle fly club golf clubbing coca cola coffe shop Coklat Afrodisiak Coklat untuk Seks Coklat Valentine Columbia Complete contact convenient cowo bodoh... cowo-cowo CPD CPM cucu Cup D cute cyber cafe Da'i Bachtiar daftar nama wali pitu Dahlan Iskan daihatsu danau Daun putri malu david beckham Dawet delight demo Demo Kerbau departemen kesehatan Dewata Cengkar Dewi Sekardadu Dian Sastro die hard digigit ular dijual butuh uang direct marketing direktur utama diskettes ditlantas polda dokter Dokter gigi dokter kandungan dokter THT Dongeng Dongeng Mancanegara Dora Sembada dosen DPR driver Durian e-KTP e-mail Ebook Tengger Bromo electrolux elephant Eloy Zalukhu Embargo embassy enchantment encim Engkoh Enter es keliling es teh manis Esemka Eureka Archimedes Eureka dan Sejarahnya Eureka Saya Menemukannya Eve Fabel Aesop Fabel Bidpai facebook fanta Farmer farmville FB FB Mayer FBI fengshui fenny rose fesbuk Finished Focus Foke Foklor Merapi fokus foya-foya frustasi Gaek Cukua Sabalah gajah hitam Galatama Galaxy tab Ganesha Blitar Ganesha Kala Dicuri ganteng tapi bandel ganti kartu Garam Gunung Krayan Garis Lurus Merapi Kraton Pantai Selatan Garis Lurus Yogya Garuda Magazine gema gembok dan anak kunci Gereja Bantul Gereja Candi get up Getuk Ginza Gogol Gogol Gempol Gogol Pasuruan Gogolan google Google talk Gorilla Greek and Roman Mythology Green Greg Riley Gudeg Gunung Batok Gunung sion Gunung Tengger guru hakim hamil Hanacaraka hand Hans Christian Andersen happiness hari kiamat Hari Lahir Yesus harta Hati Kudus Tuhan Yesus hayam headset health heart attck heaven Helicopter view helm hemorrhoid herin Hermawan Kartajaya Hikayat Tangkuban Perahu Hoax Holland bakery Hollywood Homo Honocoroko Humor humour huruf A semua huruf vokal Hut Kemerdekaan Ibu ikan baronang ikan belanak ikan kembung iman imigrasi impoten Indian boy Indomie Indonesia Info Inlandeer internet Interview ipad iPad2 iphone ipod IQ isi pulsa Istana Cipanas istri istri bawel ITB Iwak peyek Jalangkung jambu monyet James Watt Jamil Azzaini jangan dicoblos jangan menunggu Jataka Jepang Jogya joko Joko Widodo Joni Judo jujur juragan tanah just kidding Justin Bieber kaca spion Kacang dua kelinci kacang ijo Kacang mete kadal air kakek kambing Kambing hitam kambing putih kan pei kantor polisi kantor pos Kapan Yesus Lahir karburator karyawan baru Kasih Kata Duit Katolik Bantul KB suntik ke sambar petir Kebetulan Aneh Kebetulan Unik kehidupan Keistimewaan Yogyakarta Kejaksaan keju kekayaan Kelahiran Soekarno Kelapa kenalan kera sakti kerajaan sriwijaya Keraton Solo Keris Sarutama king of world Kisah Klasik Minang kisah merapi KL Klenteng Mbah Ratu Surabaya kode kode baru kodok komar komodo Komputer dari zaman ke zaman kopi Kost kota wisata kotak surat koto kampar KPK Kraton Solo kreditan TV Krisdayanti KTP Kudus kulkas second kunci mobil kuntilanak kurang gizi Kutoarjo lada hitam Ladies Lady gaga lamaholot lamanerin lampu merah langit biru Latte Laundry laut mati Learn to move on leaving office on time Lebaran Lee Myung Bak legenda gunung semeru Legenda Mbah Maridjan Legenda Mbah Petruk legenda merapi Legenda Sangkuriang Lemari es lemots life life in the world lift up Lilin Liposuction Logistics and organization Losarang Losmen lowongan kerja lubang hidung Luck mabal sakola Madura mahasiswa main rules Majesti Makam Mbah Soleh Makam Sunan Ampel Makan siang makassar Makna Sejarah Malaysia Malik Ibrahim manado manager Manager HRD Mancing mania Mancing. mang beca Mantri sunat maratus Mardi Lestari Marga Batak mario teguh masjid agung demak masjid akulturasi Masjid Ampel masjid ki ageng henis masjid laweyan masjid solo Masjid Sunan Ampel Masuknya Islam Indonesia Masuknya Islam Nusantara masya Allah Masyarakat Tengger Matador Spanyol Matematika Maulana Aliyuddin Maulana Ishak Maulana Malik Isroil Maulana Muhammad Ali Akbar Mbah Bolong Mbah Petruk Mbah Soleh Ampel Mbah Sonhaji Mbah Suwo Melinda membaca buku membalas budi member get member menado menara pisa mencret menelepon menggodaku Mercedez AutomaticI Mercy Merdeka meresapi Mertua mi instan michael Jackson mie mikrolet minum minuman keras Miss Malaysia Miss Universe Miss USA Mitos Mbah Petruk Mitos Merapi MK mom and wife mona money monogami monoton monyet motivasional motivation motivator Mr Bean MS Hidayat muara tikus mudik Muhammad Al Maghrobi murid Murid Sunan Ampel MySpace Nama Google Nanas nasi goreng Nasredin Hoja nazarudin nematus Nenek New York Nidji nightclub Jokes nilai jual nini-nini Novel Nyadran nyamuk Obama Oneng dan Badjuri orang bijak orang gila orang pintar Orang Rantai orang tua Oscar Wilde otak pria otak wanita pacaran pagar listrik pak Camat pak Lurah Pak RT pakis PAM Panchatantraa panjang pinang panjang umur Panwaslu Papua parang tritis Paris Hilton pasar pasien password Patung Kala Blitar patung Kala Dicuri pawisata pedagang baso pedagang ikan pejabat pusat Pejagan Kanci Pekalongan pekan baru pelangi Pembeli adalah raja Pemimpin yg baik pemuda pen drive pencipta lambang negara Indonesia pencuri pulsa pengadilan pengantin baru Pengemis pengumuman peniti penjual buah penjual sayur Penyakit Polio penyanyi dangdut Penyiar Peradaban Atlantis Perahu Bugis Perahu Makassar permaisuri Perut buncit Pesangon peternak sapi Petik Laut photographer Piala Dunia pilkada DKI Pinisi Pink Pintu yang selalu terbuka piramida Piramida Gunung Lalakon Pizza PLN pocong POLDA Poliandri Police officer Poligami Polio polisi poltak pom bensin positive thinking post office pramugara Pramugari productivity Professor Psikiater puasa public relation Purbakala Blitar Putus asa Qomar dan siti... Qurban Rabbit racun Radio raja raja sate H. Subali Ramadhan Ramlan rayuan si raja gombal Rendah hati Renungan Reunian reward point Rhino rice cooker Robot Roro Anteng Joko Seger Roro Jonggrang rorompok RS jiwa RS TNI AU Dr Salamun rule rumah bordil Saka salaki sakarat salesman Sandal Jepit sate. satpam Satya Yoga Sawah Gogol sawo matang Sayur SD Seafood pizza Sego Jagung Sejarah Sejarah Ampel sejarah angka 7 Sejarah Angka Tujuh Belanda sejarah artis Sejarah BlackBerry Sejarah Bromo Sejarah Bunker Jakarta Sejarah Coklat Sejarah Eureka sejarah garuda pancasila Sejarah Google Sejarah Gunung Merapi Sejarah Hanacaraka Sejarah Hoax Sejarah Indonesia Sejarah Islam Indonesia Sejarah Islam Nusantara Sejarah Istana Cipanas Sejarah Jakarta Sejarah Komputer Sejarah Kraton Solo Sejarah Kraton Yogyakarta sejarah lagadoni Sejarah Majapahit Sejarah Marga Batak Sejarah Masjid Ampel sejarah merapi sejarah minyak goreng Sejarah Nama Indonesia Sejarah Orang Rantai Sejarah Paman Sam Sejarah Pinisi Sejarah Polio Sejarah Prambanan Sejarah Qwerty Sejarah Roro Anteng sejarah rumah sakit sejarah semeru Sejarah Teka-teki SIlang Sejarah Tengger Sejarah TTS Sejarah Wali Sejarah Walisongo sejarah wikileaks sekolah minggu sekretaris selang oksigen Semangka Sembilan Makam di Ampel sendok Sentong Tengah sepak bola serangan jantung seribu setitik embun inspirasi Seven up Showroom Sianida siapa julian assange Siapa Mbah Maridjan siapa sultan hamid II siliaris pupil silverQueen SIM simbol pria simbol wanita Singapore Singkong sirkulasi darah Situs Purbakala Situs Purbakala Blitar Smash SMS SNSD Social networks Solo soto ayam space SPBU Muri Tegal SPG Starbucks status steve jobs STNK storeroom stroke student suami suami dan istri suami istri suami sekarat Sudirman suku sumbangan sun block sun go kong sun plaza Sunan Ampel Sunan Bonang Sunan Drajad Sunan Giri Sunan Gunung Jati Sunan Kalijaga Sunan Kudus Sunan Muria sunat superman supermarket supervisor Surabaya Surakarta surga Surya Paloh susah bernapas susu suzuki Swatch Syahrini Syeh Siti Jenar Syeh Subakir Syekh Piyobang Taekwondo tahayul tahta tahun uang Taiwan taj mahal Tambang Sawah Lunto Tanah abang tangkuban perahu Tanjung kodok taraweh Tarzan tatar sunda Teacher teka teki Teka Teki Silang tekad telepon koin telor Tempat Angker di Merapi Tempat lahir Bung Karno tempe Tenaga kerja Indonesia Tenganan Tengger Bromo terong ungu tersedak Terunyan test drive The Grimm Brothers The Hoax the winner Thomas Alfa Edison THR tidur tiga roda tiger wood tilang tinggi hati tips aman naik angkot tipung titik buta to be to have toilet Toyota Landcruiser Toyota xenia Tradisi Tengger Trivia Trowulan TTS Tuhan tukang baso tukang becak tukang cukur tukang jahit tukang kue tukang pos Tuna netra tuna wicara... turis arab tuyul ucok UGD UI ulang tahun Unesco Upacara Karo Bromo upload FB usb port ustadz Vaksin Polio Vegetarian vegetation Vermak Jin villa VOA volvo wali pitu Walisongo Walisongo Periode I Walisongo Periode II Walisongo Periode III wanita wanita duduk Warteg washington watches water wawancara WC wedding Whale wikipedia windows Wisata Bogor Wisata Cipanas Wisata Sawah Lunto Wisata Solo Wisata Sumatra Barat witches wong ndeso x-men yerikho Yogja Yuni shara zaman